twitter


  • SQLite merupakan sebuah library proses yang menerapkan serverless (mandiri tanpa server), zero configuration, database SQL transaksional. Kode untuk SQLite berada dalam public domain dan dengan demikian bebas untuk digunakan untuk tujuan apa pun, komersial atau swasta.
  • SQLite merupakan mesin database SQL embedded. Tidak seperti kebanyakan database SQL lainnya, SQLite tidak memiliki proses server yang terpisah. SQLite membaca dan menulis secara langsung ke disk. Database SQL lengkap dengan multiple tabel, indices, triggers, dan views, semua terdapat dalam sebuah disk file tunggal. Format file database adalah cross-platform yaitu kita bebas mengcopy database antara 32-bit dan sistem 64-bit.
  • Tidak seperti pada paradigma client-server umumnya, Inti SQLite bukanlah sebuah sistem yang mandiri yang berkomunikasi dengan sebuah program, melainkan sebagai bagian integral dari sebuah program secara keseluruhan. Sehingga protokol komunikasi utama yang digunakan adalah melalui pemanggilan API secara langsung melalui bahasa pemrograman. Mekanisme seperti ini tentunya membawa keuntungan karena dapat mereduksi overhead, latency times, dan secara keseluruhan lebih sederhana. Seluruh elemen basisdata (definisi data, tabel, indeks, dan data) disimpan sebagai sebuah file. Kesederhanaan dari sisi disain tersebut bisa diraih dengan cara mengunci keseluruhan file basis data pada saat sebuah transaksi dimulai.
SQLite Manager

SQLite manager adalah sebuah ekstensi atau add-ons dari browser mozila firefox yang digunakan untuk mengelola database SQLite dengan tampilan berbasis web.
Untuk dapat menggunakan aplikasi SQLite Manager ini caranya adalah sebagai berikut :
  1. Buka browser Mozila Firefox
  2. Download dan Install SQLite Manager
  3. Jika sudah selesai menginstall, untuk membuka aplikasinya pilih menu Tools>SQLite Manager
  4. Untuk contoh database SQLite nya silahkan download file db_pegawai.sqlite
  5. Untuk membuka databasenya pada SQLite Manager, pilih menu Database>Connect Database
  6. Cari dan pilih file db_pegawai.sqlite yang sudah didownload tadi kemudian klik Open
  7. Maka akan tampil isi database dari file db_pegawai.sqlite tersebut

0 komentar:

Posting Komentar